Tujuan Universal Public Relations
Public Relations memiliki tujuan yang universal diantaranya, yaitu :
- Menciptakan public understanding (pengertian publik). Pengertian belum berarti persetujuan/penerimaan, dan persetujuan belum berarti penerimaan. Di sini public memahami organisasi/perusahaan tersebut dalam masalah produk/jasa, aktivitas-aktivitas, reputasi, perilaku manajemen, dsb.
- Menciptakan public Confidence (adanya kepercayaan publik terhadap perusahaan).
- Menciptakan public Support(adanya unsur dukungan dari publik terhadap perusahaan) baik itu dalam bentuk material maupun spiritual.
- Menciptakan public Coorperation(adanya kerjasama dari publik terhadap perusahaan).
Fungsi dari PR adalah sebagai berikut :
- Mengetahui secara pasti dan mengevaluasi pendapat umum yang berkaitan dengan perusahaannya.
- Menasehati para eksekutif mengenai cara-cara menangani pendapat umum yang timbul.
- Menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendapat umum
- Menjalankan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasi
- Berurusan dengan hubungan antara organisasi dengan publiknya
- Memantau pengetahuan, pendapat, sikap dan prilaku didalam dan diluar organisasi.
- Menganalisis pengaruh kebijakan, prosedur dan tindakan pada publik.
- Menyesuaikan kebijakan, aturan dan tindakan yang dipandang menimbulkan konflik dengan kepentingan publik dan keberadaan perusahaan
- Memberikan saran dan masukan kepada manajemen dalam pembuatan kebijakan, aturan dan tindakan yang dipandang menimbulkan konflik dengan kepentingan publik dan keberadaan perusahaan.
- Membangun dan memelihara hubungan komunikasi dua arah antara organisasi dengan publiknya
- Menghasilkan perubahan yang khusus dalam pengetahuan, pendapat, sikap dan perilaku didalam dan diluar organisasi.
- Menciptakan hubungan baru dan atau memelihara hubungan antara organisasi dan publiknya.
0 Komentar
Komentar yang Positif